Penyakit Auto Immune



Belimumab, Calon Obat Pertama Buat Lupus

Dalam 50 tahun riset untuk obat Lupus, tidak ada satu pun obat yang berhasil mengobati Lupus. Tidak heran bila kehadiran Belimumab, calon obat yang baru saja selesai melewati Tahap III percobaan pada pasien dengan sukses disambut dengan penuh harapan.

Obat yang dikembangkan oleh perusahan riset genetik Human Gemome Sicence (HGS) dengan perusahaan farmasi GlaxoSmithKline ini memanfaatkan kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel antibodi yang berlebihan pada para penderita kelainan otoimun. Cara kerjanya adalah dengan meniru penerima kode gen yang ada pada sel plasma B, sehingga protein BLyS yang mengatur kematangan sel plasma B tidak semuanya menempel pada sel plasma B, namun sebagian terhambat oleh Belimumab. Akibatnya sebagian sel plasma B tidak mendapat kode protein BLyS dan tidak bisa mencapai masa kematangan lalu mati, Karena sel plasma B berkurang, diharapkan siklus kemunculan dan kematian plasma B dapat berlangsung seimbang kembali. Suatu hal yang tidak terjadi pada para penderita Lupus.

Apabila siklus plasma B dapat seimbang, tentunya zat antibodi odapus yang biasanya berlebih sehingga menimbulkan reaksi terhadap diri sendiri pun bisa berkurang, dan jumlah antibodi dapat normal kembali.

Karena masih dalam taraf percobaan, tentunya obat ini belum ada di pasaran. Di Amerika, obat ini direncanakan untuk mulai bisa disetujui penggunaannya pada awal 2011, dan tentunya negara lain akan menyusul. Obat ini akan dijual dengan merek dagang BENLYSTA.

Dalam keterangannya disebutkan, obat Lupus ini bukan untuk menyembuhkan Lupus, namun dapat mengurangi efek buruk Lupus seperti rambut rontok, kelelahan yang luar biasa, dan mengurangi juga kemungkinan Lupus untuk kumat kembali.

Obat ini juga diharapkan dapat mengurangi hingga menghentikan penggunaan steroid yang efeknya sangat buruk itu.

Sebetulnya masih banyak obat lain yang sedang diriset saat ini, namun semua masih jauh dari kenyataan, beberapa bahkan menetapkan waktu 30-60 tahun lagi untuk peluncurannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: